Kamis, 15 November 2012

Cara agar Lebih Bahagia Saat Bekerja




   Hampir setiap orang pernah merasakan kejenuhan kebosanan dengan pekerjaan yang mereka lakukan.  Seringkali, rutinitas dalam pekerjaan pekerjaan menjadi jebakan yang dapat berujung pada stres dan tekanan. Apabila tidak dilakukan upaya mengatasinya, hal ini tentu sangat memengaruhi performa dan prestasi kerja seseorang.
Jika Anda mulai mengalami masa-masa sulit di tempat kerja atau merasa kurang puas terhadap hasil kerja, saatnya bagi Anda untuk melakukan perubahan.  Setidaknya ada beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk membuat hari-hari Anda di tempat kerja menjadi lebih bahagia.
1. Atur kehidupan kerja Anda
Jika aktivitas kerja Anda sering membuat Anda merasa stres dan kewalahan, sekarang saatnya untuk menenangkan dengan membuat segalanya lebih terorganisir. Pertama, pastikan Anda tiba beberapa menit lebih awal di tempat kerja untuk memberikan Anda sedikit waktu dalam mengatur tugas-tugas Anda untuk hari itu dan mempersiapkan mental. Kedua, menata ruang/ meja kerja dengan membereskan segala barang yang berserakan. Kemudian, buatlah daftar rencana kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari itu (berdasarkan prioritas).
2. Kenakan busana yang meningkatkan mood 

Banyak dari kita yang diharuskan untuk memakai seragam atau mematuhi aturan pakaian untuk bekerja. Jika Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk berpakaian, cobalah untuk mengenakan pakaian atau aksesoris yang dapat meningkatkan mood dan kepercayaan diri Anda. Dengan menambahkan sesuatu yang istimewa pada pakaian kerja akan membuat hari Anda lebih berwarna.
3. Melakukan beragam variasi tambahan

Variasi merupakan bumbu kehidupan, dan ini perlu dilakukan ketika Anda memulai rutinitas sehari-hari dalam pekerjaan Anda. Rutinitas yang sama setiap hari akan membuat Anda cepat bosan. Jadi cobalah membuat setiap hari sedikit berbeda dengan cara apapun yang Anda bisa. Misalnya, melakukan tugas-tugas rutin dalam urutan yang berbeda, berbicara dengan orang baru atau mengambil rute yang berbeda untuk bekerja (atau mungkin menggunakan mode yang berbeda dari transportasi, seperti bersepeda, jika Anda mampu).
4. Hiasi meja kerja

Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang menambahkan hiasan pada ruang kerja/meja mereka, 40 persen lebih bahagia ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki kewenangan untuk menghias atau mengatur ulang seluruh ruang kantor, Anda bisa melakukan dengan cara yang sederhana misalnya, membeli beberapa alat tulis bagus, memasang foto, kalender lucu atau sepotong kecil karya seni, atau menaruh tanaman kecil pada meja kerja Anda.
5. Tetap aktif di kantor

Jika hari kerja Anda membuat Anda tak bersemangat, cobalah memberi rangsangan pada diri Anda dengan melakukan beberapa latihan sederhana ketika istirahat makan siang. Latihan ini baik untuk meningkatkan harga diri, melepaskan stres, dan juga melepaskan zat kimia di otak seperti endorphin dan anandamide yang dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa bahagia. Jika tempat kerja Anda memiliki fasilitas untuk mandi, lakukan setelah Anda makan siang.
6. Makan camilan yang bikin happy

Sediakan beberapa camilan sehat di atas meja kerja Anda. Mengapa? Karena, nutrisi tertentu dalam makanan dapat mempengaruhi perasaan seseorang. Ada beberapa makanan yang dapat mendorong rasa bahagia seperti kenari (asam lemak Omega-3), pisang (mengadung serotonin yang memproduksi tryptophan dan magnesium. Serotonin memiliki efek untuk meningkatkan suasana hati, menenangkan dan mengurangi depresi). Pastikan camilan Anda mengandung karbohidrat kompleks untuk memperlambat pelepasan energi dan menjaga tingkat gula darah tetap rendah untuk mencegah depresi dan kelelahan.
7. Berpikir positif dan ramah terhadap rekan kerja

Terlepas dari apakah Anda sedang stres, cobalah tetap mengadopsi sikap positif dan ramah ketika berbicara dengan rekan kerja Anda. Bahkan meskipun mereka kerap tidak memiliki pemikiran yang sama dengan Anda! Cobalah untuk menyelesaikan setiap konflik, menghindari gosip dikantor, dan memperlakukan setiap orang sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan senyum benar-benar dapat membuat seseorang lebih bahagia, jadi cobalah untuk memberikan senyum setiap Anda bertemu dengan orang di kantor.
8. Menghargai kenyataan bahwa Anda memiliki pekerjaan

Cobalah memberikan sesuatu yang terbaik dari apa yang Anda miliki dan mengidentifikasi hal apa saja yang dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat untuk bekerja. Misalnya, bercita-cita untuk memperoleh posisi atau jabatan yang lebih baik dalam pekerjaan. Dengan adanya target yang Anda buat, ini akan membuat memacu semangat Anda saat  bekerja.





    Adapun cara lainnya
Pekerjaan tidak akan ‘membunuh’ waktu bersenang-senang bila Anda tahu rahasianya. Anda mungkin kenal dengan tipe rekan seperti ini: tidak pernah terlambat datang ke kantor, pekerjaannya selesai tepat waktu, pergi ke gym beberapa kali dalam seminggu, dan rambutnya tetap terlihat menawan. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin dia bisa mengatur itu semua? Sementara Anda, jangankan untuk pergi ke gym, pergi sejenak dari kursi kerja pun Anda tidak sempat. Tak perlu sedih, Anda pun bisa menirut gaya mereka. Rahasianya sederhana: milikilah manajemen waktu yang baik, seperti cara-cara berikut ini: 

1. Identifikasi waktu. Tulis jumlah waktu yang Anda habiskan untuk beberapa kegiatan ini: tidur, bekerja, berkencan, berolah raga, mengurus rumah, berkumpul dengan teman dan sebagainya. Dari daftar tersebut cari tahu, dimana letak ketidakseimbangannya, apakah terlalu banyak bekerja, atau justru banyak waktu terbuang tanpa melakukan apapun? Kemudian, tentukan aktivitas mana yang perlu ditambah atau dikurangi porsinya. Tentukan juga mana yang sebaiknya Anda laukan, atau seharusnya orang lain yang mengerjakannya.

2. Buat Deadline. Pekerjaan akan menuntut untuk terus dikerjakan selama Anda mengizinkannya. Jadi daripada menghabiskan sepanjang hari hanya untuk membereskan file atau membalas email, lebih baik berikan batasan, misalnya dalam 2 jam pekerjaan itu harus selesai. Sehingga sisa waktu hari ini bisa dipkaai untuk hal lain, bahkan dimanfaatkan untuk bersantai.

3.Perhatikan Kondisi Tubuh. Kenali waktu biologis Anda, karena pekerjaan pun akan maksimal ketika kondisi tubuh Anda prima. Anda sebagaian orang yang bukan ‘morning people’ sehingga sulit berkonsentrasi ketika harus bangun pagi dan bekerja. Atau justru sebaliknya, seseorang akan merasa lebih fresh, bersemangat dan optimal ketika bekerja di pagi hari dibandingkan dengan saat siang hari. 

4. Biarkan Orang Lain Membantu. Terkadang timbul sifat perfeksionis Anda, sehingga tidak percaya pada orang lain dan ingin melakukan semua pekerjaan sendiri demi hasil yang sempurna. Sebenarnya boleh saja Anda melakukan hal tersebut, namun bisa menghabiskan waktu Anda. Mengapa tidak membiarkan orang lain membantu Anda? Misalnya, melibatkan teman untuk menghubungi klien atau mencarikan hadiah untuk si bos. Pekerjaan jadi ringan, kebersamaan pun bisa membuat hubungan dengan rekan kerja makin akrab.

5. Kurangi Basa-Basi. Ketika Anda bertemu dengan klien untuk meeting, awali dengan senyuman dan tentukan porsi waktu untuk sekedar berbasa-basi, misalnya 10 sampai 15 menit. Ingat kembali, apa tujuan utama Anda bertemu dengan klien tersebut. Kembalikan ke topic utama, bila pembicaraan mulai melenceng. Sehingga tujuan Anda bisa terpenuhi dan waktu tidak habis terbuang, hanya untuk mengobrol hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

6. Buat Menu. Sebelum Anda berbelanja, buat daftar terlebih dahulu. Misalnya makanan apa saja yang akan Anda konsumsi dalam seminggu ke depan, dan kebutuhan apa saja yang diperlukan selama sebulan ke depan. Sehingga pada saat berada di pasar, waktu Anda tidak habis terbuang hanya untuk memilh-milih dan mencari barang. Ada baiknya Anda kuasai dengan baik, sehingga waktu Anda bisa efektif di tempat itu.

7. Sempatkan Berolahraga. Apakah tugas kantor menumpuk sehingga Anda tidak sempat berolahraga? Jangan biarkan hal itu terjadi. Teman sebelah Anda juga punya pekerjaan yang sama, namun tubuhnya tetap ideal dan sehat! Rahasianya ada pada bagaimana dia memaksimalkan waktu yang ada, sedikit apa pun, untuk berolahraga. Jadi, bila Anda tahu tidak punya banyak waktu di siang atau malam hari, cobalah berolah raga di pagi hari, sebelum Anda berangkat ke kantor atau beraktivitas lain.

8. Temukan Shortcut. Daripada pusing dan pegal mengelilingi mal demi mendapatkan satu barang, coba manfaatkan online shopping sehingga Anda bisa belanja dari meja kerja ketika jam makan siang. Selain itu, temukan jalan pintas terdekat untuk sampai ke kantor atau tempat-tempat hangout yang biasa Anda kunjungi.
9. 2 in 1. Ini adalah multitasking yang menyenangkan. Misalnya, ajak teman Anda untuk pergi ke gym bersama ketika akhir pekan, atau Anda bisa manicure – pedicure di rumah saat menonton televisi. Atau boleh juga mencari ide rapat untuk besok, ketika Anda sedang memanjakan diri di salon. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan kegiatan pun akan terasa lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar